Menghasilkan Uang dari Desain Icon di The Noun Project

Facebook
Twitter
LinkedIn

Icon sudah menjadi bahasa visual yang digunakan dimana – mana, dari desain poster sampai antarmuka pengguna. Icon bisa menjadi identitas bagi sebuah brand atau sekedar penunjuk emosi manusia seperti pada emoji. Dari banyaknya penggunaan icon di seluruh desain yang ada membuat desain icon menjadi sebuah potensi untuk menghasilkan uang dari membuat desain icon.

Potensi penghasilan dari the noun project termasuk tinggi jika kamu banyak menghabiskan waktu untuk serius mendesain icon. Kamu bisa membaca testimoni dariku setelah mencoba iseng upload icon di The Noun Project.

Harus dibaca – Cara Aku Dapetin Transferan Dollar tiap Bulan dari Desain Icon Hitam Putih

Di artikel ini, aku akan mencoba mengulas tentang berjualan icon di The Noun Project, upload icon, bagaimana menghasilkan uang dari desain icon, sampai tips dan trik supaya icon kita tidak ditolak oleh The Noun Project.

Mengenal The Noun Project

The Noun Project adalah sebuah situs website yang mempunyai misi untuk menciptakan sebuah bahasa visual yang mudah dan cepat dimengerti oleh seluruh manusia yang melihatnya. Singkatnya, the noun project mempunyai misi untuk menciptakan bahasa visual berdasarkan icon – icon yang estetik dan mudah dimengerti.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Icon di The Noun Project

Ada banyak tempat untuk “menjajakan” icon di internet mulai dari Freepik, FlaticonIconfinder, dan Icon8. Semuanya punya kelebihan masing – masing. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan berjualan di The Noun Project dari perspektif diriku tentunya.

Kelebihan:

  • Tingkat download yang tinggi : kamu bisa mendapati icon-mu didownload oleh user setiap hari. Tidak perlu menunggu berhari – hari untuk iconmu bisa dilihat dipakai oleh orang lain, baik itu free download atau paid download. Tentu bergantung terhadap kualitas dari icon tersebut.
  • Persyaratan dan spesifikasi file icon yang mudah : Kamu cukup melampirkan file .svg hitam putih yang sesuai dengan permintaan dari kurator icon. Selengkapnya kita bahas di segmen selanjutnya.
  • Bisa upload icon single : Artinya kamu tidak perlu melampirkan satu set icon dengan jumlah 10 – 50 icon sekali upload. Kamu bisa mengupload 1 icon dan tetap akan dikurasi oleh kuratornya. Jika lolos, kamu bisa mendapati icon tersebut dijual oleh The Noun Project.

Kekurangan:

  • Penghasilan dari tiap icon bisa sangat kecil: The Noun Project menyediakan 3 cara untuk membeli icon dari situsnya; yaitu single purchase, pro download dan API Uses. Harga single purchase adalah $1.80, pro download berkisar antara $0.10 – $0.12 dan API Uses hanya $0.01.
  • Icon bisa didownload gratis: Sama seperti Freepik, dengan syarat mencantumkan credit pada desain kita, kita bisa mendownload icon di The Noun Project secara cuma – cuma.
  • Proses kurasi icon yang lama: Dari pengalamanku, proses kurasi dari icon adalah sekitar 3 – 6 bulan.
KelebihanKekurangan
Tingkat download yang tinggiPenghasilan dari tiap icon bisa sangat kecil
Persyaratan dan spesifikasi file icon yang mudahIcon bisa didownload gratis (dengan syarat mencantumkan credit)
Bisa upload icon singleProses kurasi icon yang lama – sekitar 3 sampai 6 bulan
Kelebihan dan kekurangan the noun project

Persyaratan File Icon di The Noun Project

  1. Format file .svg : Format file yang diterima oleh The Noun Project adalah .svg. Kamu bisa membuatnya di Adobe Illustrator, Inkscape atau Affinity Designer
  2. Berwarna Hitam : Ini adalah kewajiban sekaligus kemudahan bagi para desainer icon karena kita hanya perlu memperhatikan estetika dari icon tanpa harus memperhatikan kombinasi warna yang tepat!
  3. Ukuran icon: Ukuran icon yang direkomendasikan adalah 5px, namun kamu bisa membuatnya antara 16px, 32px, dan 64px asalkan tidak lebih dari 100px
  4. Tidak memiliki stroke : Kamu wajib mengubah setiap stroke dalam desain ke object.
  5. Ungroup : Jika kamu melakukan grouping terhadap berberapa objek di dalam desain, maka kamu wajib melepaskanya sebelum menguploadnya ke The Noun Project.
  6. Icon harus menjadi bahasa visual: Kamu dilarang menambahkan teks atau angka ke dalam icon, pastikan orang yang melihat icon-mu mengerti apa yang icon-mu coba untuk sampaikan.

Tips upload icon supaya banyak didownload

Semakin banyak yang mendownload icon kita, semakin banyak yang menggunakan, maka semakin banyak juga income dari The Noun Project. Selain harus memastikan icon kita diterima oleh The Noun Project, kita harus memastikan icon kita didownload oleh banyak orang.

Berikut tips dari-ku berdasarkan pengalamanku:

  1. Gunakan grid untuk mendesain sebuah icon: Grid membantu kita untuk memastikan bahwa setiap icon yang kita buat memiliki lebar dan tinggi yang sama.
  2. Membuat set icon: Jangan hanya mengupload 1 atau 2 icon dengan satu jenis. Buatlah satu set icon berjumlah 10 – 20 icon sehingga pengguna yang mendownload salah satu karyamu akan tertarik untuk mendownload icon lainya dalam set tersebut.
  3. Gunakan garis yang tebal: Jangan menggunakan garis yang terlalu tipis! Silahkan bandingkan jumlah download dari kedua icon dibawah ini.
  1. Riset terlebih dahulu: Lihat dan cari keyword apa saja yang koleksi icon-nya masih sedikit. Lalu buat variasi lainya. Sebagai contoh, kata kunci “gear” memiliki 23.000 icon di dalamnya, kamu bisa cari kata kunci lainya selain gear yang memiliki lebih sedikit pesaing di dalamnya.

Kesimpulan

Desain icon seharusnya semakin dilirik karena kebutuhanya yang sangat tinggi. Kamu tidak akan cepat kehilangan pasar karena orang – orang terlalu fokus ke bidang desain yang lain seperti desain logo dan poster. The Noun Project menjadi salah satu tempat kamu bisa menjual desain iconmu.

Pada artikel ini kita sudah membahas apa itu the noun project dan bagaimana mengoptimasi icon kita sehingga lebih bisa menjual dan menghasilkan uang dari desain icon.

Tertarik menjadi desainer icon?

Baca Juga:

Muhammad Fajar Estu
Muhammad Fajar Estu
Fajar adalah seorang fullstack programmer yang sekarang bekerja sebagai .NET programmer. Memiliki pengalaman selama 3+ tahun di bidang programming web, mobile, API hingga aplikasi computer vision. Sekarang Fajar menulis artikel tutorial dan berbagi seputar dunia perkuliahan IT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *