Mendapatkan Uang dengan Inkscape dari Desain Icon

Facebook
Twitter
LinkedIn

Icon merupakan bahasa visual yang banyak digunakan di banyak bagian dari desain. Mulai dari desain poster, iklan sampai desain antarmuka pengguna(UI) semuanya menggunakan icon. Bahkan dalam desain UI, icon memiliki nilai lebih baik dalam interaksi antara komputer dan manusia. Bertambahnya penggunaan icon berarti bertambah pula peluang dalam penjualan desain icon. Ada banyak tempat untuk berjualan icon mulai dari Freepik, Flaticon dan Icon8.

Disini aku mau menjelaskan bagaimana inkscape bisa secara professional menghasilkan uang dari desain icon. Platform desain marketplace yang akan aku bahas disini adalah The Noun Project, karena memang aku sudah berpengalaman dalam berjualan desain icon disana.

Kenapa Inkscape?

Inkscape adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mendesain gambar berbasis vektor dengan lisensi GNU GPL. Gambar – gambar berbasis vektor tidak akan pecah jika diperbesar (zoom) berkali – kali lipat. Gambar berbasis vektor dibentuk atas perhitungan matematika, bukan piksel.

Meskipun fitur nya sangat banyak dan beragam, inkscape adalah aplikasi sumber terbuka yang bisa digunakan secara gratis. Tidak seperti aplikasi pengolah vektor lainya seperti Adobe Illustrator dan Affinity Designer. Itu berarti, inkscape sangat cocok bagi pemula yang belum memiliki modal untuk membeli aplikasi berbayar. Walaupun sebenarnya inkscape memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi pengolah vektor lainya.

Kenapa menjual di The Noun Project?

The Noun Project memiliki tingkat kesulitan yang rendah dalam penerimaan icon. Aku tidak akan bahas ini lagi karena sudah dibahas sebelumnya di salah satu artikel – Cara Aku Dapetin Transferan Dollar tiap Bulan dari Desain Icon Hitam Putih

Satu hal yang pasti, platform ini aku anggap sangat ramah bagi desainer icon pemula.

Memulai Desain Icon

Mengumpulkan Ide

mengumpulkan ide desain icon

Mohamed Boumaiza – Unsplash

Di dalam artikel ini, salah satu cara untuk mendongkrak pembelian icon adalah dengan memiliki set icon dengan jumlah 10 – 20 icon. Mengumpulkan 10 – 20 icon dalam satu set adalah pekerjaan yang sulit jika kamu langsung menuangkanya ke dalam software pengolah grafis seperti Inkscape.

Cara yang paling mudah adalah dengan menulis. Cari kata kunci dari set icon yang akan kamu buat, lalu tuliskan semuanya. Sebagai contoh, tuliskan rumah, binatang peliharaan, teknologi dalam secarik kertas.

Dari 3 kata kunci di dalam contoh, kamu ambil salah satu. Misalnya aku ambil kata kunci teknologi. Sekarang tugasmu adalah menuliskan semua kata kunci tentang teknologi. Sebagai contoh; handphone, TV, kulkas, robot, satelit, dan lain – lain.

Sekarang kamu sudah memiliki sebuah set kata kunci yang siap dijadikan icon 😁!

Menggambarnya di kertas

sketching icon

Jangan terburu – buru untuk menuangkan ide tersebut di komputer! tapi jadikan semua kata kunci yang kamu tuliskan tadi sebuah sketsa di kertas. Ini bertujuan untuk membuatmu lebih bisa membayangkan bagaimana icon – icon tersebut jika sudah diaplikasikan ke komputer.

Selanjutnya, kita akan mendesain icon di inkscape sesuai dengan petunjuk dari The Noun Project

Cara Mendesain Icon di Inkscape

Menginstal Inkscape

Inkscape tersedia untuk setiap OS yang berjalan di komputer. Kamu bisa mendownload Inkscape melalui link berikut – Inskcape Download

100% Gratis !!!

Membuat dokumen baru

tampilan inkscape
tampilan inkscape

Ini adalah tampilan depan dari Inkscape. Rata – rata, marketplace desain icon meminta desain dengan ukuran maksimal 100px. Untuk itu kita harus menyesuaikan artboard yang kita punya ke ukuran <100px. Aku menyarankan untuk menggunakan ukuran dokumen sebesar 32px atau 64px karena itu adalah ukuran standar yang biasa digunakan pada desain UI.

Caranya, pergi ke File > Document Properties atau kamu bisa menggunakan shortcut ctrl + shift + D pada windows.

menyiapkan dokumen

Pada jendela Document properties, pilih tab Page lalu pastikan kamu mengisi Custom Size dan sesuaikan width dan height ke 64 x 64 px.

Sekarang, dokumenmu sudah siap untuk mendesain 😊!

Membuat Guideline

Setiap icon di dalam set haruslah konsisten dari segi ukuran. Semua icon di dalam satu set harus memiliki lebar dan tinggi yang sama. Guideline membantu kita untuk memastikan semua icon memiliki ukuran yang sama.

Sekarang, ayo kita membuat guideline !

Zoom dan pastikan artboard berada di tengah layar.

Pilih Create Rectangles and Square Tools.

Lalu buat sebuah persegi panjang dengan lebar 56px dan tinggi 64px.

Buka Object > Align and Distribute Menu

Pilih persegi panjang yang tadi kamu buat, lalu ke jendela Align and Distribute Menu lalu pilih Relative to > Page lalu klik Center on Vertical Axis dan Center on Horizontal Axis seperti pada gambar di bawah.

Sekarang, persegi panjang tadi seharusnya sudah ada di tengah artboard. Selanjutnya, buat duplikat persegi panjang dengan mengklik ctrl + D. Pilih hasil duplikat tadi lalu rotate 90 derajat ke kiri. Seperti pada gambar dibawah.

Sekarang kamu mempunyai dua buah persegi panjang yang akan kita gunakan sebagai guideline.

Pilih semua persegi panjang tersebut lalu pilih Object > Object to Guide

Sekarang kamu sudah mempunyai guideline yang akan kamu gunakan nantinya untuk mendesain icon. Ingat untuk selalu menggunakan guideline ini untuk setiap icon yang kamu buat.

inkscape guideline

Menggambar Icon

Gambarlah icon dari sketsa yang sebelumnya kamu sudah buat. Letakkan icon di dalam garis kedua dari guideline. Pastikan lebar / tinggi dari icon tidak menyentuh garis terluar dari guideline!

Sebagai contoh, lihat gambar dibawah. Gambar dibawah adalah salah satu icon ku yang sudah diterima oleh The Noun Project. Lihat bagaimana icon tersebut tidak melebihi batas terdalam dari guideline.

Ada banyak fitur pada inkscape yang digunakan untuk menggambar icon. Untuk saat ini, aku belum memiliki tutorial untuk inkscape, tapi aku merekomendasikan channel youtube milik logosbynick untuk belajar inkscape. Mudah kok !

Mempublish ke Marketplace

Sebelumnya ada berberapa cheklist yang harus kamu cek sebelum mengunggah icon iconmu!

  • Tidak ada stroke! Pastikan untuk mengubah semua stroke ke object. Caranya dengan memilih path lalu ke path > stroke to path.
  • Ungroup semua object yang berada dalam group.
  • Pastikan warna icon hitam #000 dan putih #fff
  • Pastikan semua icon dalam set konsisten dalam style dan ukuranya!

Selanjutnya..

Unggah, berdoa lalu tunggu sampai iconmu dikurasi oleh team The Noun Project.

Bagaimana mudah bukan?

Bagikan komentarmu dibawah tentang artikel ini!

Baca Juga:

Muhammad Fajar Estu
Muhammad Fajar Estu
Fajar adalah seorang fullstack programmer yang sekarang bekerja sebagai .NET programmer. Memiliki pengalaman selama 3+ tahun di bidang programming web, mobile, API hingga aplikasi computer vision. Sekarang Fajar menulis artikel tutorial dan berbagi seputar dunia perkuliahan IT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *