Cara Aku Dapetin Klien Pertama di Upwork dalam 7 Hari

Facebook
Twitter
LinkedIn

Pandemi COVID 19 banyak menjadi alasan bagi perusahaan untuk merumahkan pegawainya dan berberapa sampai memutus hubungan kerja para pegawainya. Banyak yang kemudian banting setir ke berdagang, bisnis online sampai kerja secara remote.

Berbicara tentang kerja remote, Upwork banyak menjadi pilihan bagi para pekerja remote freelance untuk mencari pekerjaan. Upwork merupakan salah satu situs jual beli jasa terbesar di dunia. Proses kerjanya yang nyaman dan mudah membuatnya jadi pilihan banyak freelancer(terlepas dari potongan biaya yang lumayan besar) dan para pencari pekerja.

Halaman utama upwork

Banyak temen – temenku juga coba peruntungan di upwork, namun kebanyakan dari mereka kehabisan connect gratisan sebelum mendapatkan pekerjaan. Nah disini aku mau sharing tips bagaimana aku mendapatkan klien pertamaku di Upwork dalam +- 7 hari setelah aktif submit proposal sebagai seorang programmer.

Disclaimer : aku bukan orang yang hebat dalam soal “per – upwork – an” karena awalnya juga ikut kerja di upwork hanya berupa keisengan mencari sampingan dari kerjaan kantoran. Gajiku di Upwork masih recehan. Kamu bisa join grup facebook Upworker Indonesia kalau mau melihat kisah yang lebih memotivasi.

1. Belajar mengatur connect

Connect di upwork merupakan alat tukar yang mestinya kamu atur dan jaga dengan baik. Kamu bisa gunakan connect untuk submit proprosal di Upwork. Connect yang digunakan untuk submit proposal pekerjaan beragam mulai dari 2 – 6 tergantung pekerjaanya. Kamu bisa mendapatkan connect gratisan tiap bulanya, atau kamu bisa mendapatkan connect gratis sebanyak 10 connect ketika kamu diinterview oleh calon klien.

Pastikan untuk submit proposal dan pastikan proposal kamu akan mengundang klien untuk menginterview kamu. Jangan submit proposal ke pekerjaan yang kamu tidak benar – benar kuasai atau kamu tidak bisa mencantumkan bagaimana kamu menyelesaikan pekerjaan itu di proposal. Kamu tentunya tidak mau kehilangan connect sebelum mendapatkan pekerjaan kan?

2. Cantumkan hasil pekerjaan kamu sebelumnya

Ketika kamu pertama kali join sebagai upworker, kamu belum mempunyai star rating atau review dari klien sebelumnya, sedangkan klien membutuhkan bukti kalau kamu bisa diandalkan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Kamu bisa mencantumkan portfolio kamu di profil upworkmu, lalu jangan lupa untuk mencantumkan hasil pekerjaan kamu sebelumnya yang bekaitan dengan pekerjaan yang akan kamu submit proposal-nya.

Pekerjaan pertama yang aku dapatkan adalah debugging aplikasi berbasis Flask dengan Socket.IO. Untuk itu aku melampirkan portfolio ku yang ini di proposal ku. Jika kamu tidak memiliki website portfolio, kamu bisa mulai membangunya dengan github page secara gratis. Ceritakan juga kesamaan pekerjaan kamu sebelumnya dengan pekerjaan yang ditawarkan klien saat ini, dan kalau bisa, tuliskan bagaimana kamu akan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

3. Selalu aktif di Upwork

Selama jam kerjamu, coba untuk selalu aktif di Upwork. Kamu bisa download aplikasi smartphoenya untuk berjaga – jaga jika klien menghubungimu. Kamu tidak ingin kan jika klien harus menunggu lama untuk menjawab pesanmu?

4. Jangan Terburu – buru soal harga

Salah satu cara yang tidak aku rekomendasikan adalah dengan menurunkan harga. Misalnya, Jika klien mempunyai budget $200, maka coba turunkan harga yang kamu tulis di proposal ke $180 atau $150. Menurut pengalamanku, proposal yang harganya aku turunkan sedikit dari budget klien adalah yang paling sering diajak untuk interview. Jangan lupa untuk meminta review yang baik setelah pekerjaan selesai.

5. Jangan menggunakan template proposal

Kamu disarankan untuk menulis ulang setiap proposal yang kamu submit. Setiap pekerjaan yang tersedia di upwork berbeda – beda persoalanya dan spesifikasi permasalahanya. Kamu tidak bisa menggunakan proposal yang sama berulang kali.

6. Berdoa

Seharusnya ini berada di poin pertama. Kamu tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan tanpa izin dari Allah. Jadi jangan lupa untuk memulai kegiatanmu dengan berdoa, apapun itu!


Segitu dulu tips dariku bagaiamana aku bisa mendapatkan klien pertama di Upwork dalam berberapa hari setelah aktif submit proposal. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda – beda, coba dengarkan dan baca saran dari temen – temen upworker yang lain.

Semoga sukses!

Baca Juga:

Muhammad Fajar Estu
Muhammad Fajar Estu
Fajar adalah seorang fullstack programmer yang sekarang bekerja sebagai .NET programmer. Memiliki pengalaman selama 3+ tahun di bidang programming web, mobile, API hingga aplikasi computer vision. Sekarang Fajar menulis artikel tutorial dan berbagi seputar dunia perkuliahan IT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *