Belajar React : Pengenalan React.js

Facebook
Twitter
LinkedIn

Bismillah,

React.js adalah salah satu pustaka front-end javascript yang pada survey Stackoverfow tahun 2021 paling banyak digunakan oleh developer di seluruh dunia. React bahkan mengalahkan JQuery dalam segi kepopuleran. Dari hasil survey tersebut, kali ini aku mau bikin tutorial untuk React.js, mungkin akan menjadi berberapa bagian jadi semoga kamu bisa baca semuanya 😊

Apa yang akan dipelajari?

Ada banyak fitur – fitur dari React.js, tapi rencananya aku hanya akan berbagi fitur – fitur yang aku gunakan sehari – hari dalam membuat proyek dengan React. Dari mulai dasar berupa component, styling hingga routing dan penggunaan API akan aku coba bahas di serial blog ini.

Sebagai saran, jangan lupa bookmark kategori Belajar React, biar ga ketinggalan!

React.js : Pengenalan

belajar react - belajar react.js
Unsplash

Apa itu React.js?

React.js adalah library yang bersifat open source. Dikembangkan oleh Facebook, React ditulis dengan Javascript & Typescript, digunakan untuk membuat tampilan UI sebuah aplikasi berbasis web, mobile dan dekstop.

Mengapa memilih React?

  1. Mudah dipelajari : React.js adalah library yang dibuat dengan bahasa Javascript. Tentunya yang sudah terbiasa dengan pengembangan web menggunakan JQuery tidak asing lagi dengan Javascript. React.js juga memiliki konsep Component Life Cycle yang sangat mudah dimengerti.
  2. Mudah dikembangkan : React mengusung konsep Component yang mudah untuk digunakan kembali. Sebagai contoh, kamu bisa membuat sebuah komponen button dan menggunakanya beserta styling yang sudah diaplikasikan pada komponen tersebut di seluruh aplikasi hanya dengan memanggil komponen tersebut. Proses deployment-nya juga tidak “ribet”. Hanya tinggal memanggil npm run build dan kamu sudah bisa mendeploy aplikasi React-mu. Aplikasinya pun tidak terlalu besar. Aplikasi ERP yang aku buat untuk sebuah perusahaan hanya memakan 2Mb. Kecil bukan?!
  3. Dipercaya banyak perusahaan di dunia : Semakin banyak perusahaan yang memakai sebuah teknologi, maka kebutuhan akan developernya juga meningkat. Termasuk React. Sebut saja; Facebook, Dropbox, CodeAcademy, Netflix, Airbnb, PayPal, Walmart, Tesla Motors dan lain – lain sudah menggunakan React untuk membuat aplikasi mereka. Kesempatan emas buat kamu yang ingin bergabung ke perusahaan super besar!
  4. Sedang trending ! : Yup, Stackoverflow Survey sudah muncul dan React sedang trending! React sudah mengalahkan JQuery sebagai library yang paling banyak digunakan di dunia. Google Trends juga menunjukkan kalau React selalu berada diatas JQuery dan vue di pencarian google.

Baca Juga – React.js vs JQuery, Mana yang Lebih Populer? (2021)

  1. Komunitas yang besar : Kamu bisa menemukan banyak sekali tutorial React di Youtube dan Google. Ini berarti kamu akan mendapat banyak support dari developer lainya saat mengembangkan aplikasi dengan React. Kamu bisa menemukan 300juta tutorial dalam berbagai bahasa di pencarian Google!

Apa yang harus disiapkan untuk belajar react?

  • Kamu harus mempelajari dasar HTML & CSS
  • Kamu harus belajar dasar javascript dan ES6
  • Kamu harus menginstal Node.js di komputermu. Kamu bisa menggunakan Laragon – Kenapa? Jawabanya disini
  • Jangan lupa niat dan keteguhan dalam belajar!

Selanjutnya…

Tunggu tutorial berikutnya!

Baca Juga:

Muhammad Fajar Estu
Muhammad Fajar Estu
Fajar adalah seorang fullstack programmer yang sekarang bekerja sebagai .NET programmer. Memiliki pengalaman selama 3+ tahun di bidang programming web, mobile, API hingga aplikasi computer vision. Sekarang Fajar menulis artikel tutorial dan berbagi seputar dunia perkuliahan IT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *